Java
Programming
Pada postingan kali ini saya akan membahas
tentang beberapa hal tentang java programming diantaranya :
1.
Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk
memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantikyang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan
secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil
dalam berbagai situasi.
-
Fungsi Bahasa Pemrograman
Fungsi bahasa pemrograman yaitu
memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita
inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi.
Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan,
penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.
Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak
sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini.
Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia
teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk
membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.
Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain
adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa
lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi
dan perangkat yang menggunakannya.
Namun,secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu :
1.
Object Oriented Language (Visual dBase,
Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
2.
High Level Language (seperti Pascal dan
Basic)
3.
Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
4.
Low Level Language (seperti bahasa Assembly)
2. Pengenalan Java
Dalam Java ada 2 jenis program berbeda, yaitu aplikasi dan applet.
Keduanya merupakan bagian dari execute, dimana execute merupakan salah satu
fase kelima dalam siklus program Java. Aplikasi adalah program yang biasanya
disimpan dan di eksekusi dari komputer lokal. Applet adalah program yang
biasanya disimpan pada komputer yang jauh,yang dikoneksikan pemakai lewat web
browser. Komputer jauh menjalankan web server yang memberi layanan terhadap
permintaan web browser.
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat
dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya
terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai system
operasi dan bersifat open source dan bahasa yang dapat dijalankan dimanapun dan
di sembarang platform apapun, di beragam lingkungan: Internet, intranets,
consumer electronic products, dan computer applications. Untuk beragam aplikasi
yang dibuat dengan bahasa Java, Java dipaketkan dalam edisi-edisi berikut:
a.
Java
2 Standar Edition (J2SE)
J2SE menyediakan lingkungan
pengembangan yang kaya fitur, stabil, aman, dan cross-platform. Edisi ini
mendukung konektivitas basis data, rancangan user interface, masukkan/ keluaran
input/output), dan pemrograman jaringan (network programming), dan termasuk
sebagai paket-paket dasar bahasa Java.
b.
Java
2 Enterprise Edition (J2EE)
J2EE berisi paket-paket J2SE serta
paket-paket untuk mendukung pengembangan Enterprise JavaBeans, Java Servlets,
JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.
c.
Java 2 Micro Edition (J2ME)
J2ME adalah untuk
beragam consumer electronic product, seperti pager, cell phone, handheld PDA,
dll. Java bukan turunan langsung dari bahasa pemrograman manapun, juga sama
sekali tidak kompatibel dengan semuanya. Model objek Java adalah sederhana dan
mudah dikembangkan, namun sejalan dengan itu, nilangan dan tipe data sederhana
lain dianggap sebagai non-objek berkinerja tinggi.
OOP (object oriented programming) adalah cara ampuh dalam
pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer
sebagai sekelompok objek yang saling berinteraksi. Objek-objek ini ada secara
secara independent yang mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain
dan untuk memerinthakan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta
objek lain mengerjakan sesuatu.
-
Bahasa
statically typed
Semua objek
dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Melalui fitur ini kode
program lebih dapat dioptmasi untuk menghasilkan program berkinerja tinggi.
-
Bahasa
dikompilasi
Sebelum
menjalankan program di bahasa Java, program dikompilasi menggunakan Java
Compiler. Kompilais akan menghasilkan file “bytecode” yang serupa fungsinya
dengan file kode mesin. Program “bytecode” yang dihasilkan dapat di eksekusi di
sembarang Java Interpreter. Java Interpreter membaca file “bytecode” dan
menterjemahkan perintah “bytecode” menjadi perintah-perintah bahasa mesin yang
dapat di eksekusi mesin.
-
Bahasa
yang aman
Java menggunakan
model pengamanan 3 lapis untuk melindungi sistem dari Untrusted Java Code.
- Bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin
bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa Java
- Class loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter.
- Manajer keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan
mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem
file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.
Selain itu Java menyediakan
beragam teknik pengaman, yaitu:
1) Bahasa dirancang
untuk mempersulit eksekusi kode perusak
2) Program Java
dikompilasi menajdi serangkaian bytecode.
3) Java mempunyai
pengamanan terhadap applet.
-
Bahasa
independen terhadap platform
Platform independence merupakan kemampuan program bekerja di sistem operasi atau sistem komputer berbeda. Bahasa Java adalah bahasa yang secara sempurna tidak bergantung platform.
Platform independence merupakan kemampuan program bekerja di sistem operasi atau sistem komputer berbeda. Bahasa Java adalah bahasa yang secara sempurna tidak bergantung platform.
-
Bahasa
yang didukung garbage collector
Artinya, program
tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas
ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh pemrogram dan mengurangi atau
mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat di bahasa yang
memungkinkanalokasi dinamis.
-
Bahasa
yang tegar
Java
interpreter memeriksa semua akses sistem yang dilakukan. Program java tidak
dapat menyebabkan crash terhadap sistem. Java mempunyai mekanisme exception
handling yang ampuh. Exception-handling menyediakan cara untuk memisahkan
antara bagian penanganan kesalahan dengan bagian kode normal sehingga menuntun
ke struktur kode program yang lebih bersih dan menjadikan aplikasi lebih tegar.
ü Karakteristik Java
1.
Open Source
2.
Berorientasi
Objek (Object Oriented)
3.
Robust
4.
Portable
5.
Case-sensitive
1.1 Pengenalan User Interface Netbeans
Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang
dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan
beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar,
dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat
tersebut.
Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah
Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang
diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini
adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.
-
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment
(IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing.
Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang
dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X
dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke
dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface
(GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis,
meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam
bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa
pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat
professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications
dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP,
JavaScript, Groovy, dan Ruby.
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
-
Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu
tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
-
Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu
saat hendak kita modifikasi.
-
Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi
variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
-
Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat
meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
-
Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan
memberi highlight merah.
3.
Dasar-dasar
pemrograman Java
Dalam pemrograman java ada beberapa dasar – dasar yang
harus diketahui diantaranya:
a.
Tipe Data dan Variabel
Tipe Data Adalah suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta
atau variabel dan operator. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan
variabel menyatakan nilai yang dapat berubah-ubah selama eksekusi berlangsung.
Macam
– macam variable :
Ø Tipe data
primitive (Sederhana)
-
Numeric
Tipe data
numeric digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam
bentuk bilangan atau angka. Semua bahasa pemrograman menyediakan tipe data
numeric, hanya saja berbeda dalam jenis numeric yang diakomodasi. Tipe data ini
terbagi atas integer, dan real.
-
Karakter (char)
Karakter
merupakan tipe data yang hanya mampu menyimpan 1 digit karakter. Ukuran
untuk tipe data karakter adalah 1 byte (1 byte = 8 bit). Adapun macam karakter
yang ada sejumlah 256 macam karakter yaitu dari kode karakter (ASCII), 0 sampai
dengan 255. Untuk penulisan karakter menggunakan tanda petik tunggal (‘ )
di depan dan belakang karakter yang ditulis. Contoh : ‘a’, ‘A’,’&’ dll.
Ø Tipe data
Composite
Composite
Data Types atau Tipe Data Komposit merupakan tipe data yang
dapat menampung banyak nilai.
-
Array
Array atau
sering disebut sebagai larik, adalah tipe data yang sudah terstruktur dengan
baik, meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe
yang sama (homogen) dalam sebuah variabel. Sebagai ilustrasi, array mampu
menampung banyak data namun dengan satu tipe data yang sama, misalnya integer
saja. Setiap lokasi data array diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai
alamat dari data tersebut.
-
Record atau struct
Seperti
halnya Array, Record atau Struct juga termasuk tipe data komposit. Record
dikenal dalam bahasa Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam bahasa C++.
Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe
data berbeda-beda (heterogen). Misalnya, satu bagian integer, satu bagian lagi
character, dan bagian lainnya Boolean. Biasanya record digunakan untuk
menampung data suatu obyek. Misalnya, siswa memiliki nama, alamat, usia, tempat
lahir, dan tanggal lahir. Nama akan menggunakan tipe data string, alamat
bertipe data string, usia bertipe data single (numeric), tempat lahir bertipe
data string, dan tanggal lahir bertipe data date. Berikut ini contoh pengunaan
record dalam Delphi.
-
Image
Image, atau gambar, atau citra, merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan, dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa pemrograman modern terutama yang berbasis visual, tipe data ini telah didukung dengan sangat baik.
Image, atau gambar, atau citra, merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan, dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa pemrograman modern terutama yang berbasis visual, tipe data ini telah didukung dengan sangat baik.
-
Date Time
Nilai data
untuk tanggal (date) dan waktu (time) secara internal disimpan dalam format
yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data
Date dapat digunakan untuk menyimpan, baik tanggal maupun jam. Tipe data ini
masuk dalam kelompok tipe data composite, karena merupakan bentukan dari
beberapa tipe data.
-
Object
Tipe data
object digunakan untuk menyimpan nilai yang berhubungan dengan obyek-obyek yang
disediakan oleh Visual Basic, Delphi, dan bahasa pemrograman lain yang berbasis
GUI.
-
Subrange
Tipe data subrange merupakan tipe data bilangan yang mempunyai jangkauan nilai tertentu sesuai dengan yang ditetapkan programmer. Biasanya, tipe data ini mempunyai nilai batas minimum dan nilai batas maksimum. Tipe data ini didukung dengan sangat baik dalam Delphi.
Tipe data subrange merupakan tipe data bilangan yang mempunyai jangkauan nilai tertentu sesuai dengan yang ditetapkan programmer. Biasanya, tipe data ini mempunyai nilai batas minimum dan nilai batas maksimum. Tipe data ini didukung dengan sangat baik dalam Delphi.
-
Enumerasi
Tipe data ini merupakan tipe data yang mempunyai elemen-elemen yang harus disebut satu persatu, dan bernilai konstanta integer sesuai dengan urutannya. Nilai konstanta integer elemen ini diwakili oleh suatu nama variable yang ditulis di dalam kurung. Tipe data ini juga dijumpai pada Delphi, dan bahasa pemrograman deklaratif seperti SQL.
Tipe data ini merupakan tipe data yang mempunyai elemen-elemen yang harus disebut satu persatu, dan bernilai konstanta integer sesuai dengan urutannya. Nilai konstanta integer elemen ini diwakili oleh suatu nama variable yang ditulis di dalam kurung. Tipe data ini juga dijumpai pada Delphi, dan bahasa pemrograman deklaratif seperti SQL.
Tipe Data
Lainnya
1. Tipe Data
Terstruktur
a) Tipe Data
String
Merupakan
suatu data yang menyimpan array (larik), sebagai contoh ‘ABCDEF’ merupakan
sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte karakter. Ukuran Tempat untuk
tipe data ini adalah 2 s/d 256 byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255.
b) Tipe Data
Set
Sebuah set
merupakan suatu himpunan yang berisi nilai (anggota). Set merupakan Tipe data
yang khusus untuk Pascal. Set dalam pemrograman sangat mirip dengan himpunan
dalam ilmu matematika.
2.
Tipe Data Pointer
Pointer
merupakan variabel khusus yang berisi suatu address (alamat) di lokasi lain
didalam memori. Suatu variabel yang points (menunjuk) ke sesuatu sehingga
disebut pointer.
Ada dua
macam pointer:
-
Typed (tertentu) : merupakan pointer yang menunjuk pada tipe data
tertentu pada variabel.
- Generic
(umum) : merupakan pointer yang tidak menunjuk pada tipe data tertentu pada
variabel.
Ø
Operator aritmatika, logika dan Relasional
- Operator aritmatika
Operator
aritmatika digunakan untuk melakukan operasi matematika, seperti penambahan, pengurangan, pembagian, dan
modulo (atau sisa pembagian).
Contoh penggunaan :
- + Operator penjumlahan (juga sebagai
penyambung string)
–
- Operator
pengurangan
- * Operator perkalian
- / Operator pembagian
- %
Operator sisa pembagian
ü Operator Logika
Operator
logika biasa digunakan untuk menghubungkan dua buah ungkapan kondisi menjadi
sebuah ungkapan kondisi. Operator-operator ini berupa :
Operator
|
Keterangan
|
&&
|
AND (dan)
|
||
|
OR (atau)
|
!
|
NOT (bukan)
|
ü Operator Relasi / Hubungan
Operator
relasi biasa digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Operator relasi
menghasilkan kondisi BENAR atauSALAH.
Contoh
penggunaan :
Sama
dengan ( = )
Tidak sama dengan ( <> )
Lebih dari ( > )
Kurang dari ( < )
Tidak sama dengan ( <> )
Lebih dari ( > )
Kurang dari ( < )
Lebih
dari sama dengan ( >= )
Kurang dari sama dengan ( <= )
Kurang dari sama dengan ( <= )
b.
Statik dan
Dinamik
-
Array Statis
Array yang jumlah memory yang sudah dipesan sudah tidak dapat diubah atau “diotak – atik” lagi dan sudah fix sehingga apabila di dalam pemesanan memory ada ruang atau space yang tidak terpakai maka akan dianggap ada sisnya oleh memory.
Array yang jumlah memory yang sudah dipesan sudah tidak dapat diubah atau “diotak – atik” lagi dan sudah fix sehingga apabila di dalam pemesanan memory ada ruang atau space yang tidak terpakai maka akan dianggap ada sisnya oleh memory.
-
Array Dinamis
Array yang jumlah pemesanan tempat di memory dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih optimal dalam pemanfaatan ruang di memory.
Array yang jumlah pemesanan tempat di memory dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih optimal dalam pemanfaatan ruang di memory.
-
Web Statis
Web statis adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Halaman-halaman web tersebut tidak memliki database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah kecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server.
Web statis adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Halaman-halaman web tersebut tidak memliki database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah kecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server.
-
Web Dinamis
Dalam web dinamis, interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request (permintaan) dari pengguna dapat diproses oleh server yang kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Halaman-halaman web tersebut memiliki database. Web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan client. Dokumen yang sampai di client akan berbeda dengan dokumen yang ada di web server.
Dalam web dinamis, interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request (permintaan) dari pengguna dapat diproses oleh server yang kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Halaman-halaman web tersebut memiliki database. Web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan client. Dokumen yang sampai di client akan berbeda dengan dokumen yang ada di web server.
4.
Struktur Kontrol
Struktur kontrol digunakan untuk melakukak pengaturan
arah program yang berjalan. Bahasa
pemrograman Java mempunyai 3 struktur kontrol yaitu Struktur Kondisi, Struktur
Perulangan, serta Struktur Break dan Continue.
-
If Tunggal
Deklarasi
perintah if dengan kondisi tunggal satu pernyataan :
if (kondisi) pernyataan;
Deklarasi
perintah if dengan kondisi tunggal lebih dari satu pernyataan :
if (kondisi){
pernyataan1;
pernyataan2;
....
}
pernyataan1;
pernyataan2;
....
}
-
If
Majemuk
Deklarasi
perintah if dengan kondisi lebih dari satu dan satu pernyataan :
if(kondisi){
pernyataan1;
}else if{
pernyataan2;
}
pernyataan1;
}else if{
pernyataan2;
}
Deklarasi
perintah if dengan kondisi lebih dari satu dan pernyataan lebih dari satu :
if(kondisi){
pernyataan1;
pernyataan2;
...
}else{
pernyataan3;
pernyataan4;
...
}
pernyataan1;
pernyataan2;
...
}else{
pernyataan3;
pernyataan4;
...
}
-
Statement
Break
Fungsi
break adalah untuk menghentikan eksekusi sebuah blok program, dan memaksa
keluar dari sebuah pengulangan. Statement break memiliki dua bentuk yaitu
unlabeled dan labeled.
-
Statement Switch
Switch
digunakan untuk memilih berdasar banyak pilihan, dimana dari masing-masing
pilihan akan menghasilkan pernyataan atau aksi yang berlainan sesuai pilihan
yang dilakukan. Biasanya penggunaan switch berkaitan dengan menu, dimana
apabila menu kondisi1 dipilih, maka switch akan menjalankan blok dari aksi1,
lalu apabila menu kondisi2 dipilih, maka switch akan menjalankan blok dari
aksi2, demikian seterusnya. Bila tidak memenuhi kriteria menu case manapun, switch
akan menjalankan blok default.
5. Struktur Perulangan
-
Statement For
Pengulangan
for melakukan inisialisasi sebelum iterasi/loop pertama, kemudian melakukan tes
kondisional dan pada akhir dari tiap iterasi melakukan penambahan atau
pengurangan pada variabel step yang digunakan sebagai basis pengkondisian untuk
perulangan.
-
Statement While
Pada
statement pengulangan while akan terus melakukan perulangan jika kondisi
ekspresi boolean bernilai benar atau true.
-
Statement Do While
Do
while memiliki urutan yang terbalik dibandingkan dengan while dan memiliki
perbedaan utama, yaitu : bahwa pada do while pernyataan dijalankan terlebih
dahulu minimal satu kali, sedangkan pada while memungkinkan pernyataan sama
sekali tidak dijalankan apabila kondisi ekepresi boolean pada saat pertama kali
sudah salah.
6. Array
sebuah struktur data yang
terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen
variabel mempunyai nilai indeks. Indeks array selalu bertipe integer yang
dimulai dari 0. Setiap elemen array tersebut dapat diakses dengan cara
A[indeks].
-
Array Satu Dimensi
Array satu dimensi adalah array yang hanya berisi satu
dimensi saja.
Mendeklarasikan varibel Array
Mendeklarasikan varibel Array
Pendeklarasian variabel array dilakukan
dengan bentuk:
tipe namaVariabelArray[];
atau
tipe [] namaVariabelArray;
-
Array dua dimensi hampir sama
dengan array berdimensi satu, namun biasanya array berdimensi dua banyak
digunakan untuk penyajian data berbentuk tabel atau juga berbentuk matriks.
tipe
namaVariabelArray [][];
atau
tipe [][] namaVariabelArray;
Referensi
http://nak-ti.com/sekilas-tentang-bahasa-pemrograman/
http://diankresnaramadhan.blogspot.co.id/2012/09/pengenalan-java-struktur-dan-tipe.html
http://irfanassya.blogspot.co.id/2013/06/pengenalan-java-languange.html
http://senalastiansah.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-user-interface-user.html
http://rakaraka.blog.widyatama.ac.id/2015/09/14/macam-macam-tipe-data/
http://theroriezkhere.blogspot.co.id/p/variable-dan-type-data-pada-pemrograman.html
http://westborneoblogger.blogspot.com/2015/08/pengertian-dan-jenis-jenis-tipe-data.html
https://nuranisah.wordpress.com/2009/10/11/tugas-algoritma/
http://www.sanabila.com/2015/06/pengertian-macam-macam-dan-penggunaan_20.html
http://www.carawebs.info/2013/03/pengertian-perbedaan-web-statis-dan-web-dinamis.html
https://boltremjaya.wordpress.com/2013/09/23/array-statis-dan-dinamis/
http://rizalbenn.blogspot.co.id/2012/10/struktur-kontrol-pada-java.html
http://kikirapper.blogspot.co.id/2014/10/struktur-kontrol-kondisi-if.html
http://trijaruto.blogspot.co.id/2010/09/struktur-kontrol.html
http://kokododi.blogspot.co.id/2014/09/pembahasan-dan-contoh-struktur-kontrol.html
http://azizah.ilearning.me/programming/pengertian-array-cara-kerja-dan-contohnya/
http://belajarkuliahkomputer.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-dan-macam-macam-array.html
http://nenylestary.blogspot.co.id/2013/12/java-gui.html
http://intanstemapal24.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-bahasa-pemograman.html
0 Response to "Java Programming "
Posting Komentar